candi borobudur kerajaan di indonesia

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DALAM BUKU AJAR FISIKA SMA KELAS X SEMESTER GASAL

Andi Desy Yuliana Mukti, Trustho Raharjo, Edy Wiyono

Abstract


Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui ada atau tidak adanya miskonsepsi dan prosentase konsep yang berpotensi terjadi miskonsepsi dari buku ajar Fisika SMA. Judul buku fisika tersebut (obyek penelitian) adalah, Fisika 1 SMA kelas X karangan Purwoko dan Fendi H. cetakan kedua tahun 2010 yang diterbitkan oleh Yudistira.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian, adalah konsep-konsep Fisika yang terdapat pada buku ajar tersebut (buku Fisika 1 SMA kelas X karangan Purwoko dan Fendi H.). Penelitian, dilakukan dengan cara menguji konsep yang ada di dalam buku halaman per halaman, bab per bab kemudian membandingkannya dengan
buku Fisika Universitas (sebagai buku standar). Data yang telah dikumpulkan tersebut direduksi dan kemudian data disajikan ke dalam tabel.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada konsep-konsep yang berpotensi terjadi miskonsepsi dalam buku ajar Fisika tersebut (Fisika 1 SMA kelas X karangan Purwoko dan Fendi H. cetakan kedua tahun 2010 yang diterbitkan oleh Yudistira). Adapun besar prosentase konsep-konsep yang berpotensi terjadi miskonsepsi dalam buku ajar tersebut adalah materi: (a) pengukuran 7,2 % ; (b) vektor 0,8 %
; (c) kinematika gerak lurus 7,2 % ; (d) kinematika gerak melingkar 1,6 % ; (e) dinamika gerak lurus 7,2 % ; (f) dinamika gerak melingkar 2,4 %.

Kata kunci : miskonsepsi, konsep fisika, buku ajar, Fisika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.