candi borobudur kerajaan di indonesia

PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NHT ( NUMBER HEAT TOGETHER) DAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TER- HADAP HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS IV SD

Fransiska Karisma Putri, Henny Dewi Koeswanti

Abstract


Abstract : This study aimed to determine differences between NHT (Number Head Together) and TPS (Think pair share) learning model. This study is a kind of quasi-experiment research with posttest-only control design. The sample in this study used random sampling technique, which is done by lotre. Data collection used test technique. Based on the result of the instrument trial, and then researcher did test analysis validity and reliability. Analysis of the final stage of the research carried out to the hypothesis test to the test T test*.Based on the Independent Samples output obtained sig. (2-tailed) 0.002<0.05, then can be concluded Ha 26  is accepted and H0  is rejected, which is mean there is a difference between NHT and TPS learning model.

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran NHT (Number Head Together) dan TPS (Think Pair Share). Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu, dengan desain posttestonly control design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling, dilakukan dengan cara diundi (lotre). Teknik pengumpulan datanya adalah teknik tes. Berdasarkan hasil uji coba instrumen, dilakukan uji analisis validitas dan reliabilitas. Analisis tahap akhir dilakukan untuk menguji hipotesis penelitian dengan Uji Ttest* . Berdasarkan output Independent Samples test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,002, dimana 0,002<0,05, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya bahwa terdapat perbedaan antara model pembelajaran NHT dan TPS.

Kata kunci : Model Pembelajaran NHT (Number Heat Together), Model Pembelajaran TPS (Think Pair Share)  dan Hasil Belajar Matematika.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Portal Garuda    Google schoolar

 

ISSN : 2337-7054