candi borobudur kerajaan di indonesia

Bimbingan Sosial Tentang Kecerdasan Moral untuk Meningkatkan Budi Pekerti Siswa Sekolah Dasar

Dionisia GIta Utami, Asrowi Asrowi, Tuti Hardjajani

Abstract


The purpose of this research was to produce social guidance module which was feasible to implement and effective to enchance the character of fifth grade students of elementary school. This research was a research and development which produced social guidance module on moral intelligence to enchance the character of the fifth grade students of elementary school. The next was to investigate the effectiveness of the social guidance module on moral intelligence to enchane the character of the fifth grade students of elementary school by using one group pretest posttest experimental design. Based on the expert and practitioner tests, it was found that social guidance module on moral intelligence to enchance character was proven to be feasible and effective to enchance character. It was proved from the expert and practitioner research on the module which was in good category. The conclusion of this research was that the implementation of social guidance module on moral intelligence was feasible and effective to enchance the character of the fifth grade students of elementary school in Banjarsari Sub-district.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul bimbingan sosial yang layak untuk diimplementasikan dan efektif untuk meningkatkan budi pekerti siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menghasilkan modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral untuk meningkatkan budi pekerti bagi siswa kelas V SD. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral untuk meningkatkan budi pekerti siswa SD menggunakan desain eksperimen One group pretest posttest design. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji praktisi, dapat diketahui bahwa modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral untuk meningkatkan budi pekerti dinyatakan layak dan efektif untuk meningkatkan budi pekerti. Hal ini terbukti dari penilaian ahli dan praktisi terhadap modul berada pada kategori baik. Simpulan penelitian ini adalah implementasi modul bimbingan sosial tentang kecerdasan moral layak dan efektif untuk meningkatkan budi pekerti siswa kelas V SD di kecamatan Banjarsari. 


Keywords


social guidance module; moral intelligence; character; modul bimbingan sosial; kecerdasan moral; budi pekerti

Full Text:

PDF

References


Asmani J.M. (2010). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogjakarta: Diva Press

Djatun, Sutijan, Sukirno.(2009). Pengantar Ilmu Pendidikan. Bahan Ajar. Surakarta: Yuma Pustaka bekerjasama dengan FKIP Universitas Sebelas Maret

Durkheim, E. (1990). Pendidikan Moral. Jakarta: ERLANGGA.

Muhtarom. (2014). Dugaan Penganiayaan Siswa. Solopos.27 Mei 2014

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral, Tujuh Kebajikan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Yusuf. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zuriah.(2007). Pendidikan Moral dan Budi pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Consilium: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling indexed by:

scholar IPI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License