candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nia Manunggal Saputri, Sarwiji Suwandi, Chafit Ulya

Abstract


Abstract: The purposes of this research are to describe: (1) the application CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) method with audio visual medium can be to increase the activity of students to writing a news by students VIII B grade in SMP Negeri 1 Banyudono, and (2) the application method CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) with audio visual medium can be to increase the result quality of students to writing a news by students VIII B grade in SMP N 1 Banyudono. This research is classroom action research who did in SMP N 1 Banyudono with the subject by students VIII B grade which consist of 32  students. Based on the result of research is proved that occur to raising learning quality to writing a news as good as process quality or result. The raising quality process of learning is signed with increase being active for students in cycle I with average percentage is 16,25 and average percentage cycle II is 18,93 with the maximal percentage is 25. The raising of result learning quality is signed with rises completeness of students learning, there are: average percentage in cycle I is 77,31 and average percentage in cycle II is 81,37. The conclusion from this research CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) method with audio visual medium be active to applied in learning has to learning to write news.

 

Keyword: CIRC , audio visual medium, writing a news

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)dengan media audio visual dapat meningkatkan keaktifan siswa siswa dalam menulis teks berita pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Banyudono dan (2) penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)dengan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis teks berita siswa pada siswa kelas VIII B SMP N 1 Banyudono. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di SMP Negeri 1 Banyudono dengan subjek siswa kelas VIII B  yang berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa terjadi peningkatan kualitas pembelajaran yaitu peningkatan keaktifan siswa maupun kemampuan menulis teks berita siswa. Peningkatan keaktifan proses pembelajaran yang ditandai dengan meningkatkanya keaktifan siswa pada siklus I dengan nilai rerata sebesar 16,25 dan nilai rerata pada siklus II sebesar 18,93 dengan nilai rerata maksimal sebesar 25. Peningkatan kemampuan menulis teks berita ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa, yaitu nilai rerata pada siklus I sebesar 77, 31 dan nilai rerata pada siklus II sebesar 81,37. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dengan media audio visual efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks berita.

Kata Kunci: CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition), media audio visual, menulis teks berita

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id