candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE PETA PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sri Wahyu Purwaningrum, Andayani Andayani, Purwadi Purwadi

Abstract


Abstract: This study aims to improve: (1) the quality of the learning process of writing narrative, and (2) the result of narrative writing ability by applying mind mapping method in the VII A students in SMP Negeri 14 Surakarta. This research is Classroom Action Research (CAR) which is implemented in two cycles. Each cycle consists of four stages: (1) planning, (2) the implementation phase, (3) the stage of observation and interpretation, and (4) stage of analysis and reflection. Percentage of student activity during apperception in the cycle I was at 51,6%, whereas in the second cycle to be 81%. Percentage of student interest and motivation while attending learning activities in the cycle I was increased by 67,7% to be 81% in cycle II. Percentage of student activeness and attention is 74,2% to be 77% in cycle II. Increased student ability to write narrative can also be seen from the increasing number of students who can write narrative or a student who reaches the score ≥ 70 in each cycle. In the initial survey, the percentage of students who can reach the passing score is 38,71%. On the cycle I was 45,16% and in the second cycle was 80,64%.

Keywords: learning, writing narrative, motivation, mind mapping method, process and result quality

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis narasi, dan (2) hasil kemampuan menulis narasi dengan menerapkan metode pemetaan pikiran pada siswa VII A di SMP Negeri 14 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi dan interpretasi, dan (4) tahap analisis dan refleksi. Persentase aktivitas siswa selama apersepsi pada siklus I berada di 51,6%, sedangkan pada siklus II menjadi 81%. Persentase minat siswa dan motivasi saat mengikuti kegiatan belajar mengajar pada siklus I meningkat sebesar 67,7% menjadi 81% pada siklus II. Persentase keaktifan dan perhatian siswa pada siklus I sebesar 74,2% menjadi 77% pada siklus II. Peningkatan kemampuan siswa menulis narasi juga dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang dapat menulis narasi yang mencapai nilai ≥ 70 pada setiap siklus. Pada survei awal, persentase siswa yang dapat mencapai nilai tuntas sebesar 38,71%, pada siklus I sebesar 45,16% dan pada siklus II adalah 80,64%.

Kata kunci : pembelajaran, menulis narasi, motivasi, metode peta pikiran, kualitas proses dan hasil


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Sebelas Maret Surakarta

Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta

Telepon (0271) 646994, Faksimile (0271) 648939

Homepage : http://www.fkip.uns.ac.id